Nakhon Ratchasima: Perpaduan Pesona Budaya dan Wisata di Thailand

  • Whatsapp
Nakhon Ratchasima
Nakhon Ratchasima

Nakhon Ratchasima, sering dijuluki Korat, adalah kota terbesar kedua di Thailand dan menawarkan pesona tersendiri bagi wisatawan. Terletak di timur laut Thailand, Nakhon Ratchasima memadukan wisata budaya yang kaya dengan keindahan alam yang memikat.

Kota ini memiliki sejarah panjang yang membentang hingga kerajaan Khmer kuno. Kota ini terkenal dengan reruntuhan candi Prasat Hin Phanom Rung, situs keagamaan Hindu yang mengesankan. Selain itu, Nakhon Ratchasima juga merupakan pusat perdagangan dan pertanian yang penting.

Wisata Sejarah dan Budaya Nakhon Ratchasima

Nakhon Ratchasima, yang pernah menjadi wilayah kekuasaan Kekaisaran Khmer, menawarkan harta karun wisata sejarah dan budaya yang mengesankan. Berikut beberapa destinasi menarik yang wajib dikunjungi

Prasat Hin Phanom Rung

Bintang utama wisata sejarah Kota ini adalah Prasat Hin Phanom Rung. Candi Hindu abad ke-12 ini didedikasikan untuk Dewa Siwa dan terkenal dengan arsitektur Khmer yang memukau. Para pengunjung dapat menjelajahi menara pusat, galeri berhias ukiran relief yang menceritakan kisah Ramayana, dan menikmati pemandangan gunung yang spektakuler dari puncak candi.

Museum Phimai

Terletak sekitar 60 kilometer sebelah utara Kota Nakhon Ratchasima, Museum Phimai menyimpan koleksi artefak Khmer kuno yang luar biasa. Artefak tersebut berasal dari situs reruntuhan kota kuno Phimai, yang dulunya merupakan pusat penting Kekaisaran Khmer di Thailand. Pengunjung dapat melihat patung dewa-dewa Hindu, perhiasan kuno, dan benda-benda keseharian masyarakat Khmer pada masa lampau.

Wat Sala Loi

Selain peninggalan Khmer, Nakhon Ratchasima juga memiliki kuil Buddha yang mengesankan, yaitu Wat Sala Loi. Dibangun pada abad ke-16, kuil ini terkenal dengan patung Buddha raksasa setinggi 16 meter yang dikenal sebagai Luang Pho Yai. Pengunjung dapat beribadah di dalam kuil yang dihiasi mural warna-warni dan patung Buddha lainnya, atau berjalan-jalan di sekitar kompleks kuil yang damai.

Kota Tua Korat

Bagi yang ingin merasakan suasana kota tua Nakhon Ratchasima, dapat mengunjungi area Kota Tua Korat. Kawasan ini dipenuhi dengan bangunan tua bergaya kolonial yang kini difungsikan menjadi kafe, restoran, dan toko souvenir. Pengunjung dapat berfoto di depan bangunan bersejarah, menikmati secangkir kopi di kafe tradisional, dan berburu barang antik di toko-toko tua.

Selain destinasi di atas, Nakhon Ratchasima juga memiliki museum-museum lain yang menarik, seperti Museum Jim Thompson Silk Farm dan Museum Nasional Suranaree (Ya Mo). Festival budaya sepanjang tahun juga menjadi daya tarik tersendiri, seperti Festival Rok Pen (perahu api) dan Festival Phimai (upacara penghormatan dewa-dewa Hindu).

Dengan kekayaan sejarah dan budayanya, Nakhon Ratchasima mengajak para pengunjung untuk menjelajahi jejak masa lalu dan merasakan kearifan lokal yang masih terpelihara hingga kini.

Wisata Alam Nakhon Ratchasima

Nakhon Ratchasima tidak hanya kaya akan sejarah dan budaya, tetapi juga menawarkan keindahan alam yang memikat. Berada di dataran tinggi Khorat, Nakhon Ratchasima didominasi oleh perbukitan, hutan lindung, dan taman nasional yang asri. Berikut beberapa destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi:

Taman Nasional Khao Yai

Permata mahkota wisata alam Korat adalah Taman Nasional Khao Yai, salah satu taman nasional tertua di Thailand. Dengan luas mencapai 2.168 kilometer persegi, Khao Yai menawarkan pengalaman safari yang tak terlupakan. Pengunjung dapat melihat berbagai satwa liar seperti gajah Asia, rusa sambar, banteng, dan beragam jenis burung tropis. Aktivitas yang bisa di lakukan di Khao Yai antara lain trekking di jalur hutan, mengamati satwa liar, berkemah, dan air terjun.

Air Terjun Haew Suwat

Bagi yang menyukai wisata air, Air Terjun Haew Suwat bisa menjadi pilihan yang tepat. Terletak sekitar 30 kilometer dari Kota Nakhon Ratchasima, air terjun ini memiliki beberapa tingkatan dengan kolam alami yang jernih dan menyegarkan.

Pengunjung dapat berenang, bersantai di bawah limpahan air terjun, atau menjelajahi gua-gua kecil di sekitar air terjun.

Danau Bueng Rachasima

Sebagai alternatif wisata air yang lebih santai, Danau Bueng Rachasima menawarkan suasana yang tenang dan damai. Danau buatan ini menjadi tempat favorit warga lokal dan wisatawan untuk bersantai, berolahraga, atau berpiknik.

Pengunjung dapat menyewa perahu untuk berkeliling danau, menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah, atau sekadar berjalan-jalan di tepi danau sambil menikmati udara segar.

Khao Laem National Park

Selain Khao Yai, Nakhon Ratchasima juga memiliki Taman Nasional Khao Laem yang menawarkan keindahan alam yang berbeda. Taman nasional ini terkenal dengan formasi batuan kapur yang unik, gua-gua yang menyimpan lukisan prasejarah, dan danau buatan yang di kelilingi pegunungan.

Pengunjung dapat melakukan trekking, panjat tebing, bersepeda gunung, atau menjelajahi gua-gua yang penuh misteri.

Keindahan alam Korat tidak terbatas pada destinasi yang di sebutkan di atas. Pengunjung juga dapat mengunjungi air terjun lainnya seperti Haew Narok dan Than Rat, menjelajahi gua Khao Yai National Park, atau bersantai di perkebunan bunga yang menawarkan pemandangan warna-warni.

Bagi para pecinta alam, Korat menyuguhkan petualangan yang tak terlupakan di tengah suasana yang asri dan menyegarkan.

Rencana Perjalanan ke Nakhon Ratchasima

Kota ini mudah di jangkau dari berbagai kota di Thailand. Berikut beberapa pilihan transportasi yang dapat Anda gunakan:

Pesawat Terbang

Bandara Internasional Nakhon Ratchasima (NAK) melayani penerbangan domestik dari Bangkok dan beberapa kota besar lainnya di Thailand. Perjalanan udara menawarkan kenyamanan dan kecepatan, cocok untuk perjalanan singkat atau bagi yang menginginkan pengalaman bepergian yang praktis.

Bus

Bus merupakan pilihan transportasi yang populer dan terjangkau untuk mencapai Nakhon Ratchasima. Terminal Bus Korat melayani berbagai rute dari Bangkok dan kota-kota sekitarnya. Perjalanan dengan bus memakan waktu lebih lama di bandingkan pesawat, namun Anda dapat menikmati pemandangan pedesaan Thailand selama perjalanan.

Kereta Api

Stasiun Kereta Api Korat menawarkan perjalanan yang nyaman dan relatif murah. Terdapat beberapa kereta api yang berangkat dari Bangkok menuju Korat, dengan durasi perjalanan sekitar 4-6 jam. Kereta api dapat menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin menikmati suasana perjalanan klasik dan berinteraksi dengan masyarakat lokal.

Nakhon Ratchasima menawarkan berbagai pilihan akomodasi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Berikut beberapa pilihan yang tersedia:

Hotel mewah: Kota ini memiliki beberapa hotel berbintang yang menawarkan fasilitas lengkap dan pelayanan terbaik.
Hotel butik: Pilihan akomodasi yang unik dan bergaya dengan suasana yang lebih privat.
Guesthouse dan homestay: Bagi yang mencari penginapan yang terjangkau, terdapat banyak guesthouse dan homestay yang tersebar di kota Korat.

Estimasi biaya perjalanan ke Nakhon Ratchasima tergantung pada beberapa faktor, seperti:

Lama perjalanan: Semakin lama Anda tinggal di Korat, tentu semakin tinggi biaya yang di keluarkan.
Transportasi: Biaya transportasi pesawat terbang umumnya lebih mahal di bandingkan bus dan kereta api.
Akomodasi: Harga hotel dan penginapan bervariasi tergantung jenis dan kelasnya.
Aktivitas wisata: Biaya untuk mengikuti tur, masuk ke objek wisata, dan aktivitas lainnya juga perlu di pertimbangkan.
Sebagai gambaran, biaya perjalanan ke Nakhon Ratchasima selama 3 hari 2 malam dengan transportasi bus dan akomodasi standar bisa berkisar antara 3.000 – 5.000 Baht (sekitar IDR 1.300.000 – 2.200.000).

Dengan perencanaan yang matang dan tips hemat di atas, Anda dapat menikmati liburan yang menyenangkan di Nakhon Ratchasima tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Nakhon Ratchasima: Destinasi Wisata yang Menjanjikan

Nakhon Ratchasima, dengan perpaduan sempurna antara wisata sejarah, budaya, alam, dan modern, menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jelajahi candi Khmer yang megah, nikmati keindahan Taman Nasional Khao Yai, atau manjakan diri dengan berbelanja di pusat perbelanjaan modern.

Selain objek wisata yang di sebutkan, Korat juga di kenal dengan kuliner khas daerah Isan yang menggugah selera. oleh karena itu Cicipi Som Tam (salad pepaya muda), di samping itu Kai Yang (ayam panggang), atau kuliner khas lainnya yang di jamin akan memanjakan lidah Anda.

Keramahan penduduk setempat serta kemudahan akses transportasi menjadi nilai tambah tersendiri bagi Korat. Jadi, oleh karena itu tunggu apa lagi ? Rencanakan perjalanan Anda ke Nakhon Ratchasima dan rasakan pesona kota yang memesona ini!

Selamat berlibur!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar