Chiang Mai Destinasi Wisata Keluarga yang Menyenangkan

  • Whatsapp
Chiang Mai
Chiang Mai

Chiang Mai, kota terbesar di Thailand utara, telah lama memikat para pelancong dengan pesona alamnya yang memukau, budaya yang kaya, dan kuliner yang lezat. Dikelilingi oleh pegunungan yang hijau, Chiang Mai menawarkan perpaduan sempurna antara petualangan luar ruangan, peninggalan sejarah, dan keramahan penduduk setempat. Panduan ini akan menjadi teman perjalanan Anda untuk merencanakan liburan tak terlupakan di Chiang Mai.

Tempat Suci dan Sejarah di Chiang Mai

Menyelami Kekayaan Budaya dan Arsitektur Chiang Mai dipenuhi dengan kuil yang memukau, reruntuhan kuno, dan bukti sejarah kerajaan Lanna yang pernah berjaya. Ini dia beberapa tempat suci dan sejarah yang wajib dikunjungi:

Wat Phra That Doi Suthep

Berkendara melintasi jalan berliku yang dikelilingi hutan menuju puncak Doi Suthep untuk mencapai Wat Phra That Doi Suthep yang megah. Kuil suci ini menawarkan pemandangan kota Chiang Mai yang spektakuler dan patung naga berlapis emas yang menawan. Jangan lewatkan kesempatan untuk membunyikan lonceng doa sambil menikmati panorama kota dari atas.

Taman Nasional Doi Suthep-Pui

Setelah berdoa di Wat Phra That Doi Suthep, lanjutkan petualangan Anda dengan menjelajahi Taman Nasional Doi Suthep-Pui. Nikmati pendakian yang menyegarkan melalui jalur trekking yang menantang atau ambil jalan yang lebih santai dengan taksi ke puncak. Di sana, Anda akan disambut dengan air terjun yang jernih, desa Hmong yang tradisional, dan beragam flora dan fauna khas pegunungan Thailand.

Wat Chiang Man

Kembali ke kota tua Chiang Mai untuk mengunjungi Wat Chiang Man, kuil tertua di kota ini. Dipercaya dibangun pada tahun 1267, kuil ini memiliki suasana yang damai dan menyimpan patung Buddha yang sangat dihormati, Phra Sila. Kagumi arsitektur Lanna yang unik dan pelajari sejarah Chiang Mai melalui prasasti kuno yang tersimpan di halaman kuil.

Selain kuil-kuil yang telah disebutkan, Chiang Mai juga menawarkan destinasi sejarah menarik lainnya:

Museum Nasional Chiang Mai

Benamkan diri dalam sejarah dan budaya Lanna yang kaya di Museum Nasional Chiang Mai. Lihatlah artefak kuno, patung Buddha, dan pameran menarik yang menceritakan kisah kerajaan kuno dan kehidupan masyarakat di masa lalu.

Wiang Kum Kam

Jelajahi reruntuhan kota tua Chiang Mai yang pertama, Wiang Kum Kam. Temukan sisa-sisa tembok kota, parit, dan fondasi bangunan kuno. Nikmati suasana yang tenang dan bayangkan kehidupan masyarakat Chiang Mai di masa lampau.

Elephant Nature Park

Meski bukan situs sejarah tradisional, Elephant Nature Park menawarkan kesempatan untuk belajar tentang sejarah hubungan manusia dengan gajah di Thailand. Pelajari tentang konservasi gajah dan program rehabilitasi yang dilakukan di sana.

Dengan mengunjungi destinasi ini, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang warisan budaya dan sejarah Chiang Mai yang memesona.

Pelukan Alam di Chiang Mai Petualangan Menanti

Chiang Mai tidak hanya kaya akan budaya dan sejarah, tetapi juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Bagi pecinta aktivitas outdoor, berikut beberapa destinasi yang wajib di kunjungi:

Chiang Mai Taman Nasional Doi Inthanon

Atap Thailand, Taman Nasional Doi Inthanon wajib masuk dalam daftar Anda. Nikmati pemandangan perbukitan yang luar biasa, air terjun yang memesona, dan beragam flora dan fauna yang unik. Naiki puncak Doi Inthanon, titik tertinggi di Thailand, untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Di taman nasional ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti

  • Trekking: Jelajahi jalur trekking yang menantang melalui hutan lebat dan temukan desa-desa Hmong yang tradisional.
  • Hiking: Nikmati jalur hiking yang lebih santai dan saksikan keindahan air terjun seperti Mae Klang dan Wachirathan.
  • Birdwatching: Amati berbagai jenis burung yang menghuni pegunungan ini, termasuk burung enggang dan burung elang.
  • Kunjungan ke Kebun Raya Kerajaan Doi Inthanon: Pelajari berbagai tanaman khas Thailand dan lihatlah koleksi bunga anggrek yang memukau.

Chiang Mai Night Safari

Ingin merasakan sensasi petualangan malam hari? Kunjungi Chiang Mai Night Safari! Saksikan satwa liar seperti harimau, beruang madu, gajah, dan banyak lagi berkeliaran dengan bebas di habitat malam buatan. Anda dapat menjelajahi area safari dengan trem terbuka atau berjalan kaki dengan pemandu di area khusus. Nikmati pengalaman melihat satwa liar dari dekat dan pelajari tentang upaya konservasi yang di lakukan di sana.

Air Terjun Bua Tong (Sticky Waterfalls)

Ingin merasakan pengalaman unik? Datanglah ke Air Terjun Bua Tong, yang di kenal sebagai air terjun lengket. Batuan kapur yang membentuk air terjun ini memiliki permukaan yang licin, memungkinkan pengunjung untuk memanjatnya dengan mudah. Nikmati kesegaran air terjun dan berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah.

Kegiatan Outdoor Lainnya

  • Arung Jeram: Arung jeram di Sungai Mae Taeng untuk memacu adrenalin dan menikmati keindahan alam sungai.
  • Ziplining: Meluncur dengan zipline melalui pegunungan dan rasakan sensasi terbang melintasi hutan tropis.
  • Bersepeda: Jelajahi pedesaan Chiang Mai dengan bersepeda dan nikmati pemandangan sawah yang hijau dan perbukitan yang asri.

Manjakan Lidah Anda dengan Kuliner Chiang Mai

Chiang Mai adalah surga bagi para pecinta kuliner! Berbeda dengan kuliner Thailand Selatan yang terkenal dengan rasa pedasnya, makanan khas Thailand Utara cenderung lebih gurih, menggunakan lebih banyak rempah-rempah seperti kunyit dan jahe, serta memiliki tekstur yang lebih creamy. Nikmati pengalaman bersantap yang tak terlupakan dengan mencicipi hidangan khas Chiang Mai berikut ini:

Khao Soi

Bintang utama kuliner Chiang Mai! Mie telur kuning kenyal di siram dengan kuah kari yang kaya rasa dan creamy, biasanya berisi potongan daging sapi atau ayam. Hidangan ini di sajikan dengan irisan bawang merah, acar kubis, dan irisan jeruk nipis untuk menambah kesegaran. Jangan lupa tambahkan krieng kai (mi kering) untuk menambah tekstur yang renyah.

Sai Oua

Sosis goreng ala Thailand yang terbuat dari daging babi giling, rempah-rempah seperti serai dan lengkuas, serta kacang tanah. Sai Oua biasanya di bungkus dengan daun pisang. Cara memasaknya bisa di panggang atau di goreng. Nikmati cita rasa gurih dan sedikit pedas dari Sai Oua dengan nasi ketan dan saus cabai.

Khanom Chin Nam Ngiao

Mie dingin yang terbuat dari tepung beras fermentasi di siram dengan kuah kari yang gurih dan menyegarkan. Khanom Chin Nam Ngiao biasanya di sajikan dengan berbagai topping. Topping tersebut seperti irisan daging babi rebus, telur rebus, dan sayuran segar seperti tauge. Tak lupa, daun ketumbar pun di tambahkan. Hidangan ini cocok di nikmati pada siang hari yang terik untuk memberikan sensasi kesegaran.

Nam Prik Ong

Saus cabai khas Thailand Utara yang terbuat dari tomat, cabai, dan terasi. Nam Prik Ong memiliki rasa pedas, asam, dan gurih yang unik, apalagi di sajikan dengan berbagai macam sayuran rebus seperti kacang panjang, terong, dan kol.

Gaeng Hang Lay

Selain hidangan yang telah di sebutkan sebelumnya. terdapat pula kari khas Thailand Utara yang menggunakan buah melinjo sebagai bahan utamanya. Gaeng Hang Lay memiliki warna kuning kecokelatan dan memiliki rasa asam dan gurih yang khas. Nikmati hidangan ini dengan nasi putih atau ketan.

Baca Juga : Nakhon Ratchasima: Perpaduan Pesona Budaya dan Wisata di Thailand

Khao Khanom Jeen

Mi beras yang di bentuk seperti bunga dan di sajikan dengan berbagai macam kari. Khao Khanom Jeen menawarkan tekstur yang unik dan cocok di nikmati bersama teman atau keluarga.

Chiang Mai menawarkan berbagai pilihan tempat makan untuk memenuhi selera dan budget Anda. Jika Anda ingin merasakan pengalaman kuliner yang autentik, jangan lewatkan mencoba street food yang banyak di jajakan di pinggir jalan. Nikmati Khao Soi, Sai Oua, dan Nam Prik Ong dengan harga yang terjangkau sambil berbaur dengan penduduk setempat.

Street Food bukan satu-satunya pilihan! Wilayah ini juga menawarkan beragam pilihan restoran hidangan khas Thailand Utara dengan suasana yang nyaman sebagai daya tarik tambahan. Beragam pilihan restoran tersedia, mulai dari kelas menengah hingga mewah, dengan presentasi menu yang lebih memikat.

Selamat Berlibur..!!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar